Header Ads

PKKBN 2021: Membangun Generasi Baru dengan Semangat Keberagaman Menuju Indonesia Maju

Jalannya PKKBN 2021, Senin (16/8). (Sumber: Tangkapan layar/Kuni Qurota)

UPN "Veteran" Yogyakarta menyambut mahasiswa baru dengan mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) pada Senin (16/8). Pada tahun ini, PKKBN berlangsung secara daring akibat peningkatan penyebaran Covid-19. Tema yang diusung dalam PKKBN tahun ini adalah "Membangun Generasi Baru dengan Semangat Keberagaman Menuju Indonesia Maju".

Acara PKKBN hari pertama berjalan dengan lancar dan disambut antusiasme para mahasiswa baru meski berlangsung secara daring. Metode daring sebelumnya juga diterapkan pada PKKBN 2020 lalu. Metode tersebut dipilih guna mencegah potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

Beberapa tugas pun diberikan kepada mahasiswa baru sebagai syarat mengikuti PKKBN. Beberapa tugas di antaranya membuat buku ceria, membuat essai, dan me-review organisasi kemahasiswaan yang diminati.  Acara PKKBN Universitas dinilai lumayan padat dan meriah. Hal tersebut disampaikan oleh M. Cahya Yudin, salah satu mahasiswa baru prodi Manajemen. 

"Bahagia bisa mengikuti acara ini dengan lancar. Bagi saya sangat 'mengandung bawang' karena sudah berhasil menjadi bagian dari UPN," ungkapnya.


Antusiasme para peserta mengikuti jalannya PKKBN 2021. (Sumber: Tangkapan layar/Kuni Qurota) 

Fatkur Rizal Rochmadan Putra selaku ketua pelaksana PKKBN Universitas 2021 mengatakan bahwa panitia mengambil tema ini agar mahasiswa baru memiliki semangat keberagaman untuk memajukan Indonesia. "Karena dengan PKKBN 2021 ini, kami ingin menghasilkan generasi muda yang memiliki semangat keberagaman agar indonesia maju," ungkap pria yang akrab disapa Faris tersebut.

Acara PKKBN hari pertama yang padat dan beragam membuat mahasiswa baru tidak mudah jenuh. Hal tersebut diungkapkan Ismi Cendikia Pratiwi, mahasiswi baru prodi Teknik Geomatika. "Acaranya dikemas secara menarik, sehingga tidak mudah bosan. Acara sangat baik dan mereka (panitia) sangat responsif sekali," ujar Ismi. Dirinya menambahkan, dengan diadakannya PKKBN hari ini, ia dan mahasiswa baru lainnya menjadi mengerti mengenai sejarah UPN "Veteran" Yogyakarta.

Persiapan pelaksanaan PKKBN pada tahun ini dilakukan secara singkat. Hal ini berbeda pada PKKBN 2020. Pada tahun 2020, panitia memiliki waktu sekitar tiga bulan untuk persiapan PKKBN. Sedangkan pada tahun ini, hanya menyisakan waktu satu bulan. Apalagi, terbentuknya panitia secara keseluruhan hanya kurang dua minggu dari pelaksanaan acara.

Meski persiapan yang tergolong singkat, acara berlangsung tanpa adanya hambatan yang berarti. Faris selaku ketua panitia PKKBN 2021 berharap agar semua materi yang disiapkan dapat diterima. "Kami berharap materi yang ingin disampaikan bisa diterima denga baik oleh teman-teman wimada (sebutan mahasiswa baru). Saya juga mengharapkan teman-teman wimada dapat mengenal kampus, tempat mereka akan belajar," ungkap Faris. (Kuni Qurota)

Editor: Mohamad Rizky Fabian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.