Header Ads

Puncak Acara Comminfest 2021: Managing Mindset and Tackling Taboos Around Sexsuality

Tema Comminfest 2021. (Sumber: tangkapan layar Kuni Qurota)

Yogyakarta, SIKAP - Communication Interest Festival (Comminfest) merupakan salah satu kompetisi terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMPS Kom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) sejak tahun 2015. Acara ini merupakan wadah kreativitas, bakat, serta peran aktif mahasiswa di bidang Ilmu Komunikasi. Pada tahun ini, Comminfest bertajuk “MATURITY: Managing Mindset and Tackling Taboos Around Sexuality”. Acara yang diikuti oleh 18 universitas di Indonesia ini berlangsung secara daring, dimulai dari Jumat (30/4) hingga Sabtu (01/5) yang menjadi puncak acara.

Tema MATURITY dipilih dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya edukasi seksual. Demi terciptanya lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi generasi muda di Indonesia. Dengan demikian, rasa tabu pada pendidikan seks bisa sirna dan perlawanan terhadap kekerasan seksual dapat tumbuh. Sesuai dengan yang diungkapkan oleh Ketua Program Studi Komunikasi, Ranggabumi Nuswantoro dalam  sambutannya. "Mengajak untuk tetap berkomitmen bersama dalam menjaga semangat demi melawan kekerasan seksual," ungkapnya.

Acara malam apresiasi diisi oleh pengumuman pemenang dari lima cabang lomba yang ditandingkan. Untuk RAC dimenangkan oleh tim JAR dari Universitas Brawijaya, Lumens dimenangkan oleh Tim Power Puff Girls dari Universitas Padjajaran, Broaday dimenangkan oleh Tim Pasta Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Artriwara oleh Tim Bentar Lagi Saur dari Universitas Padjadjaran, dan yang terakhir adalah The Prime yang dimenangkan oleh Tim Ngaco Digital dari Universitas Bunda Mulia.

Mengenai pengumuman hasil lomba, Ketua Panitia Comminfest 2021, Maria Ancilia memberikan pesan kepada peserta agar tidak menyerah karena masih bisa berusaha di perlombaan lainnya. "Apapun hasilnya semoga para peserta tetap semangat dan tidak boleh patah semangat," ujarnya.

Penampilan Anggis Devaki dalam puncak acara Comminfest. (Sumber: tangkapan layar Kuni Qurota)

Puncak acara Comminfest dipandu oleh Rafus Christian dan Sekar Jemparing. Di mana dalam acara ini ditampilkan pula Anggis Devaki, runner up The Voice Kids Indonesia sebagai bintang tamu. 

Menanggapi keseluruhan acara yang dapat terlaksana, Dekan FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta memberikan komentarnya. “Comminfest mengalami perkembangan yang luar biasa. Bisa tetap hadir di masa pandemi tentu karena ada semangat dan ketekunan,” ungkapnya.  (Kuni Qurota Aini)


Editor: Delima Purnamasari


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.