Header Ads

Beberapa Peran Kemampuan Komunikasi di Dunia Kerja

Ilustrasi kegiatan komunikasi di dunia kerja. (Sumber: Pinterest)

Komunikasi merupakan salah satu skill yang harus dimiliki setiap orang. Pada dasarnya komunikasi merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, termasuk dalam dunia kerja. Kemampuan komunikasi (baik verbal maupun non verbal) yang dimiliki seseorang akan membantunya dalam melakukan setiap pekerjaan. Salah satu manfaatnya adalah dapat berinteraksi dengan rekan kerja maupun klien dengan baik.  

Meski kerap dikaitkan dengan cara berbicara, kemampuan dalam hal komunikasi tidak hanya membahas bagaimana seseorang menyampaikan pesan kepada orang lain. Namun, juga berkaitan dengan bagaimana kita dapat menjadi pendengar yang baik. Lalu, apa saja peran dari skill komunikasi dalam dunia kerja?

1.     Meningkatkan kerjasama tim

Kerjasama dalam sebuah tim didasari oleh bagaimana komunikasi yang terjalin antar anggotanya. Untuk itu setiap anggota perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Adanya komunikasi yang efektif akan meningkatkan kerjasama antar anggota tim, yang berdampak pada kepuasan perusahaan terhadap kinerja tim tersebut.

Yessica Yuniarti, salah satu staff Wedding Organizer di Jogja menuturkan bahwa kemampuan kerjasama tim tidak muncul begitu saja. Namun, hal tersebut perlu diasah dan dikembangkan.

“Biasanya saat wawancara kerja akan ditanya bagaimana kemampuan individu dalam sebuah tim. Nah, softskill tersebut bisa dipelajari ketika kita berorganisasi saat sekolah maupun kuliah. Jadi ketika kerja kita sudah punya pengalaman,” ujarnya.

2.     Mencegah timbulnya kesalahpahaman dan konflik

Ketika bekerja, setiap orang akan dihadapkan dengan beragam permasalahan. Salah satunya yaitu perbedaan budaya. Dengan memiliki komunikasi yang baik, individu akan memiliki sikap toleransi terhadap adanya perbedaan.

Komunikasi juga digunakan untuk memamahami bagaimana karakter seseorang, sehingga dapat mencegah kesalahpahaman dan konflik. Adanya pemahaman tersebut akan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Hal serupa juga dirasakan oleh Putri Kurnia Romadhoni, karyawan PT. Paragon Technology and Innovation. Dirinya mengungkapkan bahwa latar belakang karyawan di perusahaan tersebut sangat beragam. Mulai dari perbedaan budaya, agama, hingga Pendidikan. Akan tetapi, hal tersebut justru membuat komunikasi antar karyawan lebih erat. Ini dikarenakan adanya sikap toleransi, peran daari kemampuan berkomunikasi, serta budaya dari perusahaan tersebut untuk mengakrabkan karyawannya.

“Biasanya karena sering bertemu malah menjadi lebih akrab dan paham kebiasaan satu sama lain. Kalaupun ada masalah juga langsung dibicarakan,” imbuhnya.

3.     Menumbuhkan kreativitas dan inovasi

Saat berada dalam sebuah tim, skill komunikasi yang baik dapat menumbuhkan kepercayaan antar anggota. Dengan tumbuhnya rasa percaya maka suatu tim dapat lebih mudah untuk menggali kreativitas dan berbagi ide satu sama lainnya. Komunikasi yang efektif dalam tim, juga cenderung membuat tim lebih mudah menemukan solusi yang lebih kreatif.

4.     Meningkatkan prospek karir

Dilansir dari glints.com, komunikasi yang efektif dapat mendukung kesuksesan seseorang di dunia kerja. Dengan kemampuan komunikasi yang efektif, seseorang bisa mendapat beberapa keuntungan. Contohnya mudah mendapatkan pekerjaan, memperoleh pomosi jabatan, dan mendukung suksesnya karier. 

Nah, tadi merupakan beberapa manfaat kemampuan komunikasi di dunia kerja. Dengan mengetahui pentingnya skill komunikasi, maka kita juga perlu mengembangkan skill komunikasi yang dimiliki dan softskill lainnya. Sehingga nantinya akan memberikan dampak positif bagi pekerjaan yang kita lakukan. (Asha Prinanda Tamara Tansia)

Editor: Mohamad Rizky Fabian


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.