Header Ads

Produktif Selama Self Quarantine




Hal-hal yang dapat dilakukan selama #DiRumahAja (Foto: Azura Aulia Azahra)

      Penyebaran wabah covid-19 di Indonesia semakin luas. Pemerintah menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk menekan laju penyebaran covid-19 melalui gerakan #DiRumahAja, hal sederhana namun penting untuk dilakukan demi menjaga keselamatan bersama. Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah masing-masing (work from home) menjadi pilihan saat ini. Tak lupa, selama self quarantine ini kita harus tetap tenang, selalu waspada, dan tetap produktif. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan selama karantina di rumah. Untuk itu, mari kita bahas satu per satu, cekidot!



1.      Menjaga kesehatan
      Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan vitamin, tubuh kita juga membutuhkan olahraga. Selalu berada di rumah bukan menjadi penghalang dalam berolahraga. Kita juga bisa melakukan beberapa gerakan sederhana, diantaranya:


·      Jumping jacks
Gerakan Jumping jacks (Foto: Google)


Lompat dan lebarkan kedua kaki. Jauhkan tangan dan gerakkan ke samping sejajar dengan bahu. Mendaratlah dengan lembut, lutut ditekuk sedikit. Kemudian, lompat lagi dan satukan kaki kembali.

·      Push-up

Gerakan Push-up (Foto: Google)


Mulailah dengan posisi tengkurap di atas lantai. Jagalah agar kaki tetap berdekatan. Berat badan harus dibebankan pada bagian dada. Selanjutnya, angkat tubuh menggunakan lengan. Kemudian turunkan tubuh ke lantai, hingga siku membentuk sudut 90 derajat.

·      Sit-up


Gerakan Sit-up (Foto: Google)


Berbaringlah telentang sambil menekuk kedua lutut. Kemudian sentuhkan ujung jari tangan di belakang telinga. Boleh juga menyilangkan kedua lengan di depan dada atau meluruskan kedua lengan di sisi tubuh tanpa menyentuh lantai. Selanjutnya bangunkan tubuh dari lantai, lalu dekatkan dada ke paha.

·      Squat jump

Gerakan Squat Jump (Foto: Google)


Tapakkan kaki di lantai, tekuk lutut, kemudian turunkan badan dengan terkontrol. Ulangi beberapa kali.


      Selain melakukan beberapa workout di atas, jangan lupa bahwa tubuh kita harus terpapar sinar matahari pagi. Idealnya, sinar matahari pagi yang dapat memberi manfaat bagi tubuh berada di antara pukul 8 sampai 10 pagi.

2.      Mengakses Informasi dari Sumber Terpercaya
     Saat ini banyak sekali sumber informasi dari berbagai media yang dapat kita peroleh. Banyaknya pilihan media dan aplikasi dalam mengakses informasi terkadang membuat kita mengalami information overload, bahkan rentan akan hoax. Oleh sebab itu, penting untuk memilih sumber terpercaya dalam mendapat informasi. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi premium kompas.id selama sebulan secara gratis.

3. Menyiapkan Starter Pack untuk Kuliah Daring

Persiapan kuliah daring (Foto: Google)

      Diperlukan aplikasi yang memadai untuk menunjang perkuliahaan secara daring. Aplikasi seperti Google Clasroom dapat membantu dalam mengelola proses pembelajaran antara dosen dan mahasiswa menjadi lebih sistematis dan terintegrasi, misalnya dalam hal pemberian materi. Selain itu, tersedia juga aplikasi Google Zoom dan Skype yang dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi secara tatap muka meski terhalang jarak dan ruang. Tidak ketinggalan, ada Line dan WhatsApp yang menjadi media mahasiswa dalam membentuk grup belajar/kelas yang sudah digunakan sejak lama.

4. Hiburan
Membaca buku sebagai hiburan (Foto: Google)




·      Menonton film/series
         Kita bisa menonton film maupun series melalui platform legal Netflix, Iflix, Viu, HOOQ, dsb. Manfaatkanlah Youtube dengan menonton channel yang menghibur plus  mengedukasi.

·       Mendengarkan musik
        Hidup kita memang tidak bisa terlepas dari musik. Musik bisa menemani kita saat belajar, workout, maupun saat sedang bersantai. Kita bisa streaming music melalui Youtube, Spotify, JOOX, Amazon Music, SoundClous, dan lain-lain.

·      Membaca buku
    Membaca buku dapat meningkatkan pandangan positif, mengembangkan diri, bahkan menghancurkan batasan diri. Jika sudah tidak memiliki koleksi buku baru, kita bisa memanfaatkan aplikasi Wattpad untuk membaca berbagai tulisan fiksi maupun non  fiksi. Selain itu, banyak juga e-book yang dapat diakses secara gratis dalam berbagai situs, salah satunya melalui manybooks.net.

·      Bermain Game
    Game adalah salah satu alat penghilang stres yang bisa menumbuhkan kreativitas dan  meningkatkan semangat positif. Tidak ada salahnya untuk bermain game seperti PUBG dan Mobile Legend. Game cacing seperti Slither.io dan Worms.io yang sedang popular belakangan ini juga bisa menjadi alternatif untuk dimainkan.

       
          5. Meningkatkan Sotf skills 



Pengembangan Soft Skill yang dapat dilakukan (Foto: Google)

      Bagi mahasiswa dengan usia produktif seperti kita, memiliki kemampuan soft skill sangatlah penting agar dapat menunjang kemampuan yang lain. Misalnya, melalui pelatihan soft skill secara online di Skill Academy dari Aplikasi Ruangguru kita akan mendapatkan pelatihan untuk membuat CV, simulasi wawancara kerja, dan ratusan kelas pelatihan lainnya secara daring. Pelatihan tersebut diberikan dalam bentuk video belajar dengan topik pengembangan diri, persiapan tes, pemasaran, teknologi & software, serta bisnis & keuangan yang diajarkan oleh pakar dan ahlinya. Setelah mengikuti pelatihan online, kita dapat mengakses offline sertifikat yang bisa digunakan untuk menunjang keperluan penting lainnya.

Tetap stay safe, stay healthy, dan stay sane, ya!   (Azura Aulia Azahra)


Editor: Ayu Fitmanda Wandira

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.