Header Ads

Peluncuran Komunitas Srikandi UPN “Veteran” Yogyakarta

Sesi talkshow pada peluncuran Komunitas Srikandi UPNVYK (Foto: Ayu Larasati)

Sleman, SIKAP - Komunitas Srikandi UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan launching dan acara talkshow yang bertajuk Waspada Pelecehan Seksual di Kampus, Sudah Amankah Kampus Kita? (13/3). Acara yang dimulai pukul 15.00 WIB ini dilaksanakan di Laboratorium Diplomasi Jurusan Hubungan Internasional.

Selain peluncuran komunitas , terdapat juga talkshow yang diisi oleh Meike Lusye Karolus, salah satu dosen Ilmu Komunikasi UPNVYK; Laili Isna,  Srikandi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; dan Aditya Yusuf, wakil presiden mahasiswa UPNVYK.

Kasus pelecehan seksual yang marak terjadi di lingkungan kampus membuat gelisah khususnya para perempuan yang dijadikan objek praktik pelecehan seksual. Acara ini mencoba untuk mengajak kalangan akademis untuk peduli terhadap hal tersebut.

Dalam talkshow ini juga dibahas mengenai kasus pelecehan seksual yang tidak mengenal gender. Bahkan, pelecehan seksual di lingkungan kampus bisa dilakukan oleh siapa saja baik dosen maupun mahasiswa.

Menurut Laili Isna, yang dibutuhkan oleh korban pelecehan seksual adalah hilangnya rasa trauma dan takut. “Untuk mendukung hilangnya rasa takut tersebut, korban juga memerlukan ruang yang aman dalam mengadu praktik pelecehan seksual yang dialami. Mayoritas korban enggan berbicara atau mengadu karena takut dihakimi oleh khalayak.”

Ia juga menambahkan pentingnya sebuah kampus memiliki sistem pelayanan terpadu untuk perlindungan dan menjaga kerahasiaan korban dengan membuat Standar Operasional Terpadu (SOP) terkait pelecehan seksual.

Oleh karena itu, dengan hadirnya Srikandi UPN “Veteran” Yogyakarta dirasa mampu menjadi wadah untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dalam kesetaraan gender, serta menjadi ruang yang aman bagi para korban pelecehan seksual.

Hadirnya komunitas ini disambut positif oleh Amalia Putri Budi Utami yang merupakan peserta. “Komunitas ini bagus, apalagi kampus FISIP UPNVYK ini baru saja mengalami kasus yang berkaitan dengan pelecehan seksual, nah komunitas ini menjadi sarana bagi semua mahasiswa UPN untuk menyebarkan kesadaran soal pelecehan seksual.” Jelas mahasiswi Ilmu Komunikasi tersebut. (Ayu Larasati)

Editor: Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.