Header Ads

Zona Suara, Zona untuk Semua

Penampilan band Fourtwnty dalam acara COMMFEST 2017. (Foto: Gilang Rifanda)

Yogyakarta, SIKAP - Rangkaian acara Commfest (Communication Festival) 2017 Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta telah berakhir dengan diselenggarakannya Zona Suara. Agenda musik bertema 'Rhythm of Optimism' ini dihelat di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri Universitas Gadjah Mada pada Sabtu (4/11) malam. Meski diguyur hujan deras, nyatanya pengunjung yang datang mencapai 1850 orang. Hal ini ternyata di luar ekspektasi panitia, karena sebelumnya mereka menargetkan hanya sekitar 1000 pengunjung.

      “Iya, ini yang datang sekitar 1850 orang, sementara kita dari panitia awalnya menargetkan 1000 (orang),” ujar Reykha Oktavione selaku wakil ketua panitia dari Commfest 2017.

      Kemeriahan Zona Suara diawali oleh penampilan ciamik dari Scenario Band, kemudian dilanjut dengan alunan syahdu milik Backyard Lullaby. Tak ketinggalan, penampilan Jono Terbakar juga sukses mengocok perut penonton melalui berbagai lagu yang dibawakan. Band ini terbilang unik, karena lantunannya di luar ekspektasi bagi mereka yang kali pertama mendengarnya. 

      Di sela-sela acara, rasa lapar dan dahaga pengunjung bisa dipadamkan dengan hidangan dari tennants yang telah berjejer rapi di sekitar pagelaran acara. Terlihat beragam camilan dan minuman telah siap untuk disajikan. Mereka memang sengaja didatangkan oleh pihak panitia, guna memudahkan pengunjung untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga tak perlu meninggalkan lokasi acara.

      “Selain photobooth, kita juga menyediakan bazzar dan tennants. Untuk tennants makanan dan minuman, itu memang sengaja kita datangkan dari pihak luar,” tambah One, sapaan dari Reykha, kala ditemui di tengah acara.
Antusias penonton pada saat penampilan Fourtwnty. (Foto: Derry Nur Hidayat)

      Kala jam menunjukkan angka 22.00, giliran Silampukau yang unjuk kebolehan. Mereka membawakan beberapa lagu kawakan, salah satunya Puan Kelana. Pihak panitia tidak memberikan ketentuan mengenai lagu tertentu yang harus guest star bawakan. Christin Natalin Naibaho selaku Wakil Koordinator Humas Commfest 2017 menyatakan bahwa panitia hanya memberikan slot waktu kepada band penampil, tanpa memberikan detail lagu yang harus ditampilkan.

      Itin, panggilan dari Christin, mengatakan bahwa para guest star yang diundang telah melalui proses pemilihan yang jeli dari panitia. Ia mengaku bahwa pihak panitia sempat menyebarkan kuesioner guna mengetahui band apa yang cocok dengan tema acara dan sedang digandrungi oleh kawula muda saat ini.

      “Kita ngadain penyebaran kuesioner untuk melihat masyarakat lebih suka ke yang mana, karena targetnya ngga cuma mahasiswa komunikasi UPN, tapi masyarakat umum juga,” terangnya.

      Tibalah puncak acara saat Ari Lesmana dkk naik ke atas panggung untuk melepas dahaga atas para penggemarnya. Gemuruh penonton langsung menyambut kehadiran mereka. Pengunjung larut dalam alunan mendayu khas Fourtwnty. Setelah menyanyikan beberapa lagu, band asal Jakarta tersebut menampilkan 'Fana Merah Jambu' sebagai alunan pamungkas malam itu. (Adi Ihsanuddin)

Editor: Lajeng Padmaratri
Diberdayakan oleh Blogger.