Header Ads

Eksistensi Komunitas Bismania Yogyakarta

Komunitas pecinta bus, Bismania Community saat kegiatan di Jakarta. (Dok: Fajar Andrian)

      Bismania Community (BMC) adalah komunitas penggemar bus di Indonesia yang tersebar di berbagai kota. Adapun tanggal terbentuknya komunitas ini diawali dengan munculnya grup diskusi di internet (mailing list) Bismania Community pada 3 April 2007. Mailing list atau milis Bismania Community selalu mendapat respon positif pada setiap postingan di media sosial. Tanggal terbentuknya milis dijadikan sebagai tanggal kelahiran komunitas ini. Hingga kemudian secara resmi Bismania Community berdiri pada tanggal 8 Maret 2008.

      Di setiap provinsi, komunitas ini memiliki koordinator daerah (korda). Salah satunya adalah BMC Korda Jogja yang  merupakan kordinator daerah  penggemar bus yang ada di wilayah Jogjakarta.

      Syarat menjadi anggota BMC tidaklah sulit, yang terpenting adalah aktif dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan komunitas ini dan mengedepankan solidaritas dan kekeluargaan di dalam komunitas.

      Tujuan dari dibentuknya komunitas ini adalah menyatukan dan menjalin tali silaturahmi sesama penggemar bus, menjalin kerjasama yang saling menguntungkan baik sesama anggota maupun dengan  pihak perusahaan otobis.

      Eksistensi komunitas ini dimulai sejak 2009, dengan adanya acara tahunan yaitu Jambore Nasional Bismania Community. Pada kesempatan kali ini, BMC Korda Jogja menjadi perwakilan tuan rumah acara tersebut. Tujuan mengadakan jambore nasional adalah menyatukan pengemar bus seluruh Indonesia serta mempererat persaudaraan sesama penggemar bus.

      Selain itu, BMC Korda Jogja juga menjalin kerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Jogja pada tahun 2011 dalam rangka meningkatkan  kebersihan Terminal Giwangan, dengan memasang tempat sampah di area Terminal Giwangan dan juga mengadakan kegiatan kunjungan, pameran, dan bakti sosial.

      “Ingin menyalurkan hobi, saya senang berjalan-jalan menggunakan bus,” ujar  Rendi, salah satu anggota komunitas. Selain itu alasan untuk bergabung dalam komunitas ini adalah kecintaan menggunakan bis dan dan bertemu dengan orang yang memiliki hobi yang sama. Anggota dalam komunitas ini terdiri dari berbagai latar belakang, bergabung dengan niat ingin menambah saudara.

      Berdirinya Bismania community bukan hanya untuk menjadi sarana pemersatu penggemar bus Indonesia, tetapi juga berperan aktif dalam memberikan sumbangsih dan kepedulian terhadap transportasi darat khususnya bus di indonesia. (Fajar Andrian)

Editor: Derry Nur Hidayat
Diberdayakan oleh Blogger.