Header Ads

Desain untuk Masa Depan Cerahmu

Editor : Fariha Sulmaihati
Peserta pelatihan sedang melakukan praktik desain grafis. (Rahayu Sekar Jati)
Yogyakarta, Sikap – Sebanyak 60 peserta mengikuti Pelatihan Desain Grafis di Ruang Seminar FISIP, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (07/05/2017). Acara ini bertema design your bright future. Devi Purnama Sari, instruktur desain grafis (Internet Marketing dan Komputer) IMKOM Academy Yogyakarta, tampil anggun sebagai pembicara.
Satu minggu sebelum tanggal pelaksanaan, panitia sudah mengadakan technical meeting (TM) berkaitan dengan software yang dipakai. Mereka adalah anggota yang tergabung dalam organisasi Interdisciplinary Scientific Research (ISR) divisi kewirausahaan. Pada saat TM, panitia juga menjelaskan sistematika kegiatan.

“Kami dari divisi kewirausahaan merasa desain grafis sangat berguna di dunia kewirausahaan. Ini bagian dari program kerja divisi kewirausahaan. Kita juga memilih ruang seminar FISIP karena tempatnya memungkinkan untuk menampung peserta,” ucap Nurdin Prasetya (20), Ketua Panitia Pelatihan Desain Grafis.

Pertama, peserta berlatih membuatan logo perusahaan. Tidak sedikit dari peserta yang ternyata sudah mahir dengan aplikasi Corel Draw yang digunakan. Pembuatan logo berlangsung kurang lebih 1 jam. Sesi kedua dilanjutkan dengan pembuatan kartu nama menggunakan ilustrasi sederhana. Di sela-sela sesi ini, Devi memberikan challege, bagi peserta yang berhasil membuat design yang mirip dengan contoh akan mendapatkan kaos dari panitia. Terakhir peserta berlatih membuat desain flyer dengan bentuk dasar sederhana.

Devi selaku instruktur memberikan banyak referensi desain grafis. Seperti beberapa referensi website gratis dan pengaplikasian desain grafis pada media cetak. Peserta tidak hanya berasal dari kalangan mahasiswa, tetapi ada juga peserta yang sudah bekerja. Karena memang acara ini ditujukan untuk siapa saja yang ingin mengetahui dasar-dasar desain. 

“Kalau menurut saya acara seperti ini sangat bisa meningkatkan skill. Apalagi kalau berturut-turut. Nggak cuma sekali,” pukas Endah Setyastuti (19), peserta. Panitia menyediakan peralatan tambahan seperti mouse dan modul bagi peserta yang sebelumnya belum mengunduh. Hal ini sangat memudahkan peserta, ditambah pendampingan secara personal dengan peserta satu per satu. Pada akhir acara panitia membangikan kaos kepada peserta yang berhasil membuat logo tercepat dan flashdisk 64 GB untuk peserta yang berhasil memenangkan lomba foto terunik di instagram tetang acara tersebut. (Rahayu Sekar Jati)
Diberdayakan oleh Blogger.