Header Ads

Aksi 46 Drum Band Cilik dalam JUPITER 2017

Editor : Kristi Dwi Utami
Penampilan TK Suryamentari Surakarta dalam Jupiter (14/5/2017). (Ribka Alexandrea) 
Sleman, Sikap - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Marching Band UPN “Veteran” Yogyakarta bersama Komunitas Drum Band Cilik (KODAK) kembali menggelar Jupiter atau Junior Percussion Terbuka pada Kamis(11/5) dan sabtu(13/5) di Auditorium UPN Veteran Yogyakarta. JUPITER merupakan kompetisi drum band cilik yang bersifat terbuka, bukan hanya untuk wilayah Jogja saja. Kegiatan ini diikuti oleh TK dan SD di Jogja maupun dari luar Jogja. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan.
Ketua Panitia, Ridwan Ajipatau mengatakan bahwa Jupiter 2017 ini merupakan gelaran Jupiter yang kesembilan. “Jupiter kali ini diikuti oleh 46 tim drum band dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Peserta juga datang dari berbagai daerah seperti, Solo, Magelang, dan Klaten,” ungkap Ridwan kepada reporter Sikap di sela-sela acara. Masing-masing sekolah juga mengangkat konsep yang berbeda-beda dalam setiap pagelarannya. Mata lomba yang ada pada Jupiter kesembilan ini cukup beagam. Konser Lanjutan dan konser utama untuk peserta dari Taman Kanak-Kanak sedangkan Konser Utama dan Display Utama untuk peserta dari Sekolah Dasar.

Pada kejuaraan kali ini SD 1 Lempuyangan tampil sebagai pemenang kategori Konser Utama. Kontingen ini sudah tiga kali berturut-turut menang pada Jupiter yang telah digelar sebelum-sebelumnya. Dan untuk kategori Konser Utama, ABA Jogokaryan Yogyakarta keluar sebagai juaranya. Terakhir untuk kategori Display Utama gelar juara berhasil disabet oleh TK Batik PBBI yang kebetulan juga memenangkan kejuaraan tiga kali berturut-turut.

Acara ini ternyata cukup menyita perhatian para pecinta drum band. Salah satu juri mengatakan acara ini cukup penting. “Kegiatan seperti ini bersifat positif. Melalui kegiatan ini anak-anak dapat mengasah kemampuannya dalam bekerjasama, bersosialisasi dan bermusik,” ucap Nurul Sari Ramadhani Warranty, Juri Pinalti Jupiter 2017. Nurul yang juga merupakan mantan ketua UKM Marching Band UPN Veteran Yogyakarta ini juga berharap acara Jupiter dapat terus diadakan untuk mewadahi karya anak-anak drum band dalam sebuah kompetisi. (Irene Oktavia)
Diberdayakan oleh Blogger.