Header Ads

Ajak Anak Cintai Bumi Melalui Dongeng

Editor : Kristi Dwi Utami
Penyerahan kelinci secara simbolis pada acara Dongeng dari Negeri untuk Bumi (14/5). (Ida Nur Apriani)
Yogyakarta, Sikap – Sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta bekerjasama dengan Rumah Dongeng Mentari mengadakan acara Dongeng dari Negeri untuk Bumi bagi para siswa SD Sukorame dan SD Mangunan Minggu (14/5) di Seribu Batu, Songgo Langit, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Eka Satya Kusuma, selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa ia dan tim mengusung konsep edukasi fungernia. “Ditujukan untuk sekolah dasar di sekitar sini, yang ekonominya menengah kebawah. Kita ingin menanamkan rasa cinta akan bumi dan lingkungan, diawali dari generasi muda, ” ungkapnya kepada reporter Sikap saat ditemui di sela-sela acara.
Salah satu cara unik yang digunakan oleh panitia acara ini adalah menggunakan dongeng sebagai sarana untuk menyampaikan kampanye untuk bumi. Ketua panitia menuturkan bahwa dongeng adalah wahana terbaik di mana kita dapat memberi nilai-nilai moral kepada anak-anak. Dongeng yang berlangsung menceritakan pentingnya menjaga lingkungan. Mereka mengajak peserta untuk mengambil sampah di sekitar kemudian membuangnya ke tempat sampah. Program ini sangat didukung oleh warga, terutama Ihwan, salah satu guru dari SD Mangunan. Ia mengungkapkan bahwa acara ini sangat menarik. “Sangat menarik, mereka senang, bakat anak-anak tersalurkan,” terang Ihwan. Ia juga berharap tahun depan acara serupa bisa diselenggarakan lagi.


Anak-anak yang sedang melukis celengan (14/5). (Ida Nur Apriani)

Dalam acara ini, panitia juga mengajak peserta melepas kelinci untuk ditempatkan di kandang yang sudah didesain unik oleh panitia. Selain itu juga terdapat agenda melukis celengan, fun games, akustik, dan awarding untuk peserta yang telah berpartisipasi. Tak hanya itu, lima orang perwakilan dari SD Sukorame juga tampil membawakan Tari Gembira. Salsa Permata Rahmadona, seorang siswa dari SD Sukorame mengatakan bahwa ia sangat senang. “Ada banyak tema, bisa diajak main,” kata Salsa. Sebagai peserta ia juga berharap bahwa acara ini dapat membawa dampak positif. “Semoga dapat menjaga kebersihan, kesuburan, dan jangan membuang sampah sembarangan.” Pungkasnya. (Ida Nur Apriani)
           
           

Diberdayakan oleh Blogger.