Header Ads

Cerita dan Tempat Horor di UPN “Veteran” Yogyakarta

 

Potret kampus UPN "Veteran" Yogyakarta. (Sumber: Gayuh Laksono)

Kerap kali cerita-cerita horor tidak bisa lepas dari kehidupan kampus. Hampir semua tempat pasti memiliki cerita horornya tersendiri. Salah satunya adalah UPN “Veteran” Yogyakarta. Universitas yang berlokasi di Kota Pelajar ini juga memiliki cerita horor yang mungkin pernah pembaca sekalian alami.

Cerita horor memang menjadi bagian tak terpisahkan dari kampus ini. Banyak sosok makhluk tak kasat mata yang menghuni di kampus 1 maupun kampus 2. Ada beberapa tempat yang dianggap mempunyai hawa mistis dan menyeramkan oleh mahasiswa ketika mereka sedang berada di area kampus.

Kampus 1

Kampus yang terletak di kawasan Condongcatur Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman ini memiliki tempat-tempat bernuansa horor yang terkadang dirasakan oleh mahasiswa. Berikut adalah lokasinya:

Auditorium Kampus 1 UPN Veteran Yogyakarta. (Sumber: Gayuh Laksono)

Pertama adalah auditorium. Gedung ini biasanya digunakan mahasiswa atau umum untuk melakukan kegiatan seperti acara wisuda, tempat duduk-duduk, berkegiatan organisasi, hingga disewa untuk pernikahan. Di balik megahnya bangunan auditorium, tempat ini juga menyimpan cerita mistis di dalamnya.

Muhammad Akbar Ivansyah Santoso mengaku sering melihat ada sebuah koloni di dalam Auditorium. “Spot horor di kampus banyak. Di tiap gedung ada dan yang paling besar koloninya di Auditorium kampus 1,” ujar mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa koloni itu adalah sebuah kelompok, “Koloni kumpulan yang membentuk sebuah kelompok. Jadi, di sana ada kelompok. Kalau dari bentuknya ada yang perempuan koloninya dan wujud mereka bisa banyak,” imbuhnya.

Pepohonan di Hutan Fakultas Pertanian UPNVY. (Sumber: Renaldo)

Tempat kedua adalah Hutan Fakultas Pertanian. Lokasi ini tentu sudah tidak asing bagi mahasiswa Fakultas Pertanian. Banyaknya pohon tinggi yang berdekatan di area itu membuat suasana mistis semakin terasa, apalagi ketika dalam keadaan sepi. Suasana mistis ini pernah dirasakan oleh Dhea Ayu Pamela “Seingetku waktu itu malam. Ketika jalan ke parkiran melewati hutan Fakultas Pertanian itu melihat warna putih-putih, tapi hanya sekilas aja,” ungkap mahasiswi Jurusan Agroteknologi ini, saat dihubungi melalui WhatsApp (8/2/2022). 

Gedung Asrama Putri Kampus 1 UPNVY. (Sumber: Gayuh Laksono)

Terakhir yang kami rangkum dari Kampus 1 ialah Asrama putri. Pernah ada sebanyak tujuh orang yang menginap di sana menceritakan bahwa mereka semua mempunyai pengalaman horor yang sama, seperti sosok dan kejadian yang terjadi di sana.

Versi lainnya, diceritakan oleh Erfin Utami, salah satu mahasiswi Akuntansi yang tinggal di asrama tersebut. “Kadang aku juga pernah sih denger anak kecil panggil-panggil ibu bapak gitu, tapi arah suaranya seperti dari jalan belakang itu. Kalau tidak, ada suara seperti barang jatuh atau apa gitu di atap lumayan keras,” ungkapnya.

Jalan di belakang yang dimaksud adalah area jalan yang berada di depan Koperasi Pegawai UPN. “Kalau teman-temanku mendengar ada yang membersihkan lantai atas. Padahal sudah di lantai paling atas kamarnya,” imbuh Erfin.

Kampus 2

Beralih dari Kampus 1 UPN “Veteran Yogyakarta”, cerita horor juga tidak lepas dari kehidupan di Kampus 2 yang bertempat di Babarsari. Kampus yang terletak berdekatan dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini juga memiliki beberapa tempat yang mempunyai hawa mistis seperti halnya kampus 1. Berikut tempat-tempatnya:

Parkiran basement Gedung Agus Salim bagian tengah. (Sumber: Gayuh Laksono)

Pertama ada basement parkiran yang menjadi bagian dari Gedung Agus Salim. Tempat ini biasanya digunakan oleh mahasiswa FISIP untuk memarkirkan kendaraannya. Konon katanya, ada sesosok Genderuwo berada di parkiran tengah. Salah satu mahasiswa FISIP, Adilista Athaya mengakui bahwa tempat ini mempunyai hawa mencekam.

Spot horor yang aku rasain di kampus 2 ada di basement parkiran tengah. Itu yang paling terasa, waktu dapat kelas pagi semester 1 dan 2. Ketika mata kuliah olahraga datang pagi sepi banget, lampunya mati dan cuma ada beberapa motor,” ungkapnya. “Juga waktu pulang kampus terakhir ketika habis rapat atau apa. Nah, itu kerasa banget di parkiran basement apalagi yang di tengah,” lanjutnya.

Tangga di Gedung Pattimura FTI UPNVY. (Sumber: Gayuh Laksono)

Lokasi kedua yang dirasa horor di Kampus 2 ada di wilayah Gedung Pattimura. Area ini seringkali dilewati dan dijadikan tempat berkumpul mahasiswa Fakultas Teknik Industri (FTI).  Konon, di sini terdapat sesosok wanita, berwarna merah, dan seringkali menari tapi hanya diam tidak bisa bicara.

Semua tempat horor dan beberapa cerita dari mahasiswa kampus 1 dan 2 dibenarkan oleh Nanda Agi Septiawan. Saat ini, ia menjabat sebagai konten kreator di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengamatan sekaligus mahasiswa lulusan Manajemen tahun 2019. UKM pengamatan sendiri adalah sebuah komunitas yang mengarah ke dunia digital dalam kemasan komedi dan horor. Terkadang juga mengunggah dan menceritakan tempat-tempat horor di kampus maupun di luar kampus.

Ia pun mempunyai pengalaman horor ketika masih kuliah dulu. Saat menjadi mahasiswa baru, ia dan beberapa teman jurusannya diminta oleh kakak seniornya untuk membuat penyambutan wisuda. Ada sekitar tujuh orang hadir ke kampus 1 pada pukul tujuh malam untuk menyiapkan panggung, bendera jurusan, dll. Kebetulan lantai dua gedung manajemen tidak terkunci, lalu ia naik bersama kedua temannya untuk memasang spanduk. Saat semuanya sedang sibuk, tiba-tiba terdengar suara wanita tertawa.

“Langsung ada sosok di seberangku, di Gedung Akuntasi. Terus aku lihat sesosok warna merah lari ke arah Auditorium. Sontak aku melihat ke bawah, ternyata teman-temanku yang berada di bawah juga melihat ke arah sana (audit),” jelasnya saat diwawancarai melalui Zoom (10/2/2022).

Temannya pun mengakui bahwa telah mendengar dan melihat sesosok warna merah itu lari ke arah Auditorium. Saking kagetnya, salah satu teman yang sedang memasang spanduk di atas pohon langsung loncat ke bawah dan berlari.

Cerita itu masih berlanjut hingga setelah selesai penyambutan wisuda kakak seniornya. Di malam Minggu, jam sembilan malam ketika sedang beres-beres bersama teman-temannya. Ia diminta kakak seniornya untuk mengambil barang yang berada di sekretariat Himpunan Manajemen.

Lokasi sekretariat yang dimaksud kebetulan dekat dengan kamar mandi. Ketika keluar dari sekretariat, ia mendengar seperti suara orang sedang bersiul di kamar mandi. Mendengar itu, ia seketika langsung refleks menoleh ke kanan untuk mengecek siapa yang sedang bersiul. Ketika menoleh, ia langsung melihat ada sesosok pocong berdiri di antara kaca dan pintu kamar mandi. “Aku cuma diam dan kaget. Aku langsung kembali dan bilang ke temanku untuk langsung pulang aja. Dilanjutkan besok pagi beres-beresnya,” terangnya.

Sebagai orang yang bisa merasakan dan melihat sosok tak kasat mata, ia mengakui bahwa kampus 2 lebih menyeramkan daripada kampus satu. “Aku kadang kalau masuk kampus 2 merasa merinding, energinya masih kuat, tapi kalau kampus 1 karena beberapa tempat sudah terurus pasti gangguan ghaibnya berkurang,” ujar mahasiswa lulusan manajemen ini. (Gayuh Laksono Wiguna)

 

Editor: Syiva PBA

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.