Header Ads

PPKBN Fakultas Teknologi Mineral 2021: Solidarity in Diversity of Mineral Technology

Logo PKKBN FTM 2021 (Sumber: Instagram PKKBN FTM 2021)

Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) Fakultas Teknologi Mineral (FTM) 2021 merupakan bagian dari serangkaian acara PPKBN UPN Veteran Yogyakarta. Kegiatan PKKBN FTM ini telah dilaksanakan pada Rabu (18/8) lalu. Sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini PKKBN masih dilaksanakan secara daring karena jumlah kasus Covid-19 yang semakin tinggi. Meskipun begitu, seluruh panitia tetap menyiapkan rangkaian acara dengan baik sehingga mahasiswa baru FTM dapat mengenal dan memahami fakultas mereka.

Ketika UPN Veteran Yogyakarta berdiri, Geologi Pertambangan merupakan salah satu program studi pertama yang menjadi cikal bakal FTM. Sebagai salah satu dari lima fakultas yang ada di UPN Veteran Yogyakarta, hingga saat ini FTM sudah memiliki tujuh jurusan, yaitu Jurusan Perminyakan, Pertambangan, Geologi, Geofisika, Teknik Lingkungan, Geomatika, dan Metalurgi.

Acara PKKBN FTM 2021 (Sumber: Kanal YouTube FTM UPN Veteran Yogyakarta)

Dengan mengambil tema PKKBN Solidarity in Diversity of Mineral Technology”, diharapkan tujuh jurusan di FTM dapat memiliki solidaritas dalam keberagaman. Hal tersebut diungkapkan Aan Nugrahi, Wakil Ketua PKKBN FTM 2021. “Tema tersebut diambil karena menggambarkan keberagaman yang ada di FTM. Selain itu, tema tersebut juga untuk mewujudkan solidaritas dari ketujuh prodi di FTM yang dapat dimulai melalui kegiatan PKKBN FTM ini,” ujarnya.

Peran suksesnya acara PKKBN FTM 2021 tidak lepas dari panitia yang bekerja dan menyiapkan agar acara bisa berjalan dengan lancar. Salah satu divisi yang berperan membimbing mahasiswa baru agar tidak kebingungan dan memahami tugas serta acara PKKBN adalah Divisi Senior Muda (Serda). Ashabul Kahfi Ilham, Kepala Divisi Serda menjelaskan bahwa PKKBN FTM 2021 berjalan dengan lancar, tetapi sedikit kurang kondusif.

Ashabul Kahfi menuturkan bahwa kurang kondusifnya kegiatan disebabkan adanya pandemi Covid-19. Hal tersebut mengurangi interaksi sosial antar mahasiswa baru. Selain itu, PKKBN yang dilaksanakan secara daring juga mempengaruhi tingkat kedisiplinan para mahasiswa baru. Kesulitan dalam menangkap materi menjadi salah satu faktor yang dirasakan karena tidak semua mahasiswa baru memiliki jaringan yang stabil untuk mengikuti PKKBN FTM 2021.

Sebelum hari pelaksanaan PKKBN FTM 2021, seluruh panitia sudah memiliki rencana dan gambaran yang matang untuk kegiatan PKKBN ini. Persiapan sudah berjalan lancar dan secara teknis hampir 80% seluruh acara siap, bahkan tujuh hari sebelum PKKBN FTM 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Andi Novita Mama Anugrah, Staf dari Divisi Serda. “Tentunya PKKBN kali ini dirancang berbeda dengan tahun sebelumnya sehingga mahasiswa baru tidak bosan dan selalu bersemangat saat PKKBN,” jelasnya.

Seluruh persiapan dan juga semangat dari panitia PKKBN FTM 2021 menghasilkan acara yang disambut antusias oleh mahasiswa baru Fakultas Teknologi Mineral. Salah satunya adalah Binsar Mychel Hebron yang merupakan mahasiswa baru Jurusan Teknik Perminyakan. “Tema PKKBN FTM keren sih, karena solidaritas kan sudah sangat berkurang. Jadi, tema yang ada bagus untuk menyadarkan kami sebagai Wimada agar menjaga solidaritas walaupun berbeda jurusan atau prodi.”

Hebron juga menambahkan acara yang disiapkan oleh panitia sangat menarik dan tidak membosankan. “Acaranya asik banget! sama sekali tidak membosankan. Di bagian akhir acara juga ada mini konser. Beberapa dari kami yang belum meninggalkan room Zoom bersama-sama menyanyikan jingle PKKBN FTM,” ungkapnya. (Ghalda Nauli)


Editor: Wafa’ Sholihatun Nisa’

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.