Header Ads

FISIP UPN “Veteran" Yogyakarta Lakukan Benchmarking Ke FISIP Universitas Brawijaya

Peserta benchmarking FISIP UPNVY dan FISIP UB (foto: dokumentasi pribadi Wadek 3 FISIP UB)

Malang, SIKAP  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yogyakarta melakukan kegiatan benchmarking dengan FISIP Universitas Brawijaya (UB) pada Kamis (24/10). Benchmarking dilakukan di Gedung A FISIP UB. Dalam kegiatan ini, delegasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta beranggotakan pengurus-pengurus Organisasi Kemahasiswaan (OK) yang berada dalam lingkup FISIP UPN, baik DPM, BEM, himpunan, maupun KSM. Selain itu jajaran lembaga FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta juga turut mengikuti kegiatan ini.

Benchmarking bertujuan untuk memberikan perspektif baru bagi pengurus OK terhadap organisasi kemahasiswaan di FISIP UB, baik dari Lembaga Kemahasiswaan (LKM) maupun Lembaga Semi Otonom (LSO). “Diharapkan dengan adanya kegiatan benchmarking ini pengurus OK bisa memunculkan kegiatan yang lebih kreatif dan inovatif. Dalam rangka meningkatkan prestasi dan kemandirian mahasiswa dalam mengelola organisasi.” ujar Asep Saepudin, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Perencanaan, dan Kerja Sama. Dalam kegiatan ini pengurus-pengurus OK UPN aktif bertanya baik pada birokrasi maupun LKM dan LSO FISIP UB.

Selain untuk pengembangan Organisasi Kemahasiswaan, benchmarking juga untuk perkembangan kelembagaan di FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Bagi FISIP UPNVY, FISIP UB dianggap dapat menjadi contoh dalam pengembangan dan pembinaan prestasi mahasiswa terutama dalam bidang PKM. Tata kelola lembaga FISIP UB dianggap baik sehingga dapat bersinergi dengan mahasiswa. “Harapannya ada sinergi positif dan memiliki visi yang sama tanpa mengabaikan tugas dan peran masing-masing.” tegas Asep yang sekaligus berperan sebagai pimpinan delegasi kegiatan ini.

Penyerahan cinderamata dari Wadek 3 FISIP Universitas Brawijaya Akhmad Muwafik Saleh kepada Wadek 3 FISIP UPNVY Asep Saepudin (foto: dokumentasi pribadi Wadek 3 FISIP UB)

Di lain pihak, FISIP UB menyambut dengan baik upaya belajar bersama yang dilakukan oleh FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. “Saya rasa ini kegiatan yang sangat positif karena proses belajar itu memang harus dilakukan oleh siapa saja dan belajar dari siapa saja. Karena dalam belajar (benchmark) membuat suatu institusi mampu melihat dirinya dengan cara melihat apa yang dimiliki oleh orang lain.” ujar Akhmad Muwafik Saleh, Wakil Dekan 3 FISIP UB. Bahkan Lembaga FISIP UB berencana melakukan kunjungan balasan ke FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. (Muhammad Hasan Syaifurrizal Al-Anshori)

Editor: Aqmarina Laili Asyrafi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.