Header Ads

Sambut Hari Lahir Pancasila, Masyarakat Jogja Hadiri Pagelaran di Keraton Yogyakarta

Editor : Jalu RD

Layangan yang siap diterbangkan pada pagelaran harlah Pancasila di Alun-alun utara Yogyakarta. (Dwi Atika)

Yogyakarta, SIKAP - Pada Kamis siang (1/6) bertempat di Pelataran Keraton Kesultanan Yogyakarta, dihelat sebuah acara dalam rangka menyambut hari lahirnya Pancasila. Agenda ini dinamakan Pagelaran Hari Lahir Pancasila, dengan semangat bertemakan Saya Indonesia dan Saya Pancasila.

"Pagelaran dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat Jogja. Diantaranya yakni pelajar, mahasiswa, ormas dan lembaga kepemudaan, tokoh agama dan tokoh budaya," ungkap Widyasto yang bertugas sebagai Ketua Panitia pagelaran ini.

Widyasto juga mengatakan bahwa pagelaran ini bukan sekedar seremonial semata, melainkan bentuk komitmen warga DIY dalam menjaga dan menjunjung nilai persatuan dalam keberagaman. Widyasto juga berkata acara ini sarat dengan nilai kegotong-royongan.

Kurang lebih 15 ribu masyarakat DIY datang menghadiri seremoni di Keraton secara mandiri yang. Tidak lupa peran dari TNI dan POLRI ikut serta dalam mengamankan rangkaian acara Pagelaran tersebut.

Pagelaran ini dihadiri sekaligus dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubawana X pada pukul 16.00.
Raja Yogyakarta ini berpesan kepada para hadirin bahwa Pancasila tidak cukup hanya di teriakan ikrarnya, namun juga harus diamalkan nilai nilai ideologi yang terkandung di dalamnya.

Rangkaian acara dalam pagelaran diawali dengan 600 pelajar sekolah menengah, dilanjutkan dengan sambutan dari Sultan, kemudian pembacaan ikrar kesetiaan pancasila oleh gerakan rakyat pancasila. Acara kemudian juga akan dimeriahkan oleh penerbangan 72 layangan merah putih di Area Alun-alun Utara, kemudian diakhiri dengan acara buka bersama. (Leo Bisma)
Diberdayakan oleh Blogger.