Header Ads

Avikom Launching 2 Film Baru di Hari Film Nasional


 
Suasana SOROT. Sumber: Difa Arifin
Sleman, SIKAP Dalam rangka Hari Film Nasional (30/3), Avikom melakukan launching dan pemutaran 2 karya film terbaru berjudul Sambatan dan Puan. Dikemas dalam acara bertajuk SOROT yang merupakan kependekan dari Sinema Ontoek Rakjat dengan mengusung tema Hidup dan Menghidupi. Acara ini di lakukan di Balaidesa Caturharjo, Kecamatan Sleman pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.  

Tak hanya dua film baru saja yang di putar pada acara ini, namun ada tiga film lainnya yaitu PAIL, SOS, dan Kepaten yang telah memenangkan banyak penghargaan. Selain itu, ada edukasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya.

Seperti namanya, acara ini dilakukan di lingkungan masyarakat yang jauh dari perkotaan dan jauh dari bioskop. Menurut ketua pelaksana SOROT, Dwika Gusnurim hal itu dilakukan agar masyarakat dapat menikmati pertunjukan yang biasa ada di kota.

Dilakukan karena ingin melakukan konsep kembali ke masyarakat yaitu mengembalikan dasar hidup mahasiswa sebelum masuk kampus yaitu di masyarakat. Kita ingin masyarakat yang jauh dari perkotaan bisa menikmati apa yang mahasiswa biasa nikmati”, kata Dwika.

Pada awalnya, Avikom ingin menggelar pertunjukan tidak hanya di satu tempat saja. Melainkan menyebar ke beberapa titik lokasi yang ada di Yogyakarta.

“Sebenarnya konsep awal ingin menyebar di empat titik yaitu selatan, timur, barat dan utara. Namun karena terbatasnya budget dan tenaga temen temen, euforianya juga takut hilang jadi kita fokuskan di satu tempat”, tambahnya.

Hartono yang merupakan penonton dan juga warga asli Caturharjo mengatakan bahwa acara tersebut bermanfaat karena terdapat edukasi sekaligus hiburan di dalamnya.

“Menurut saya bagus (acara ini). Apalagi kalau sering-sering, karena selain bisa buat hiburan masyarakat Caturharjo juga masyarakat menjadi tambah pengetahuan apalagi jika disisipi dengan materi edukasi”, kata Hartono.

Acara ini banyak dihadiri masyarakat setempat, talent, serta teman-teman mahasiswa yang penasaran dengan film yang ditayangkan. Tak hanya orang dewasa saja yang menikmati acara ini, namun banyak juga anak-anak yang antusias menyaksikan pemutaran film ini. Meskipun sempat gerimis dan harus pindah ke indoor namun, acara ini tetap berjalan dengan lancar hingga akhir acara. (Difa Arifin)


Editor: Marcelina Mia Amelia

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.